- ANALISIS PERBEDAAN ORNAMENTASI BANGUNAN PADA MASJID CHENG HOO SURABAYA DAN PURBALINGGA BERDASARKAN AKULTURASI BUDAYA ASINGPERBEDAAN ORNAMENTASI BANGUNAN PADA MASJID CHENG HOO SURABAYA DAN PURBALINGGA BERDASARKAN AKULTURASI BUDAYA ASING

-

Authors

  • Candy Aprilia Rahma Saryoan - Program Studi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Faliza Nur Aini
  • Dandi Dwi Prakoso

Keywords:

Masjid Cheng Hoo, Ornamentasi

Abstract

Abstrak:

Ragam karakter budaya rupa berbeda-beda disetiap periode zaman. Indonesia memiliki keterhubungan periode Tiongkok dengan periode Islam yang berupa bangunan masjid. Masjid Cheng Hoo Surabaya dan Masjid Cheng Hoo Purbalingga dibangun dengan gaya arsitektur Tiongkok dapat dijadikan sebagai salah satu simbol, ikon, dan indeks dari peradaban Tiongkok di Indonesia. Namun, perbedaan dari kedua masjid ini dapat dilihat melalui desain bangunannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan ornamentasi bangunan pada masjid Cheng Hoo Surabaya dan Purbalingga berdasarkan akulturasi budaya asing. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Perbedaan ornamentasi bangunan pada masjid Cheng Hoo dapat dilihat pada elemen pembentuk ruang (pagoda, dinding dan plafon atau langit-langit), dan elemen transisi (pintu dan jendela). Perbedaan bangunan pagoda dengan penerapan pagoda pada masjid juga dapat dilihat dari berbagai segi, seperti jumlah tingkat pagoda dan fungsi bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mufid, A. (2015). Akulturasi Budaya China dan Jawa Terhadap Keberadaan Masjid Cheng Ho Surabaya. Skripsi. Surabaya : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Panuntun, I. B. (2018). Bentuk dan Makna pada Ragam Hias Masjid Jami' PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Silalahi, M. (2021). Masjid Cheng Hoo yang Menyampaikan Toleransi dan Keberagaman di Purbalingga. Diakses pada 19 Juni, 2022, from https://jatengtravelguide.info/detail/Masjid-Cheng-Hoo-Yang-Menyamoaikan-Toleransi-dan-Keberagaman-Di-Purbalingga#:~:text=Masjid%20Cheng%20Hoo%20di%20Purbalingga,digunakan%20di%20tahun%202011%20lalu.

Tanaja, T. V., & Tulistyantoro, L. (2017). Kajian Ikonografi pada Interior Masjid Cheng

Ho Surabaya.Jurnal Intra, 5(2), 174-181.

Titisari, H. (2015). Masjid Cheng Hoo Surabaya Seni Ban;gunan, Ornamen dan Kaligrafi. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3(3), 27-34. (Wanaputri, 2015)

Wanaputri, D. A. (2015). Kajian Ornamen Pagoda Cina di Pulau Kemaro Palembang Sumatera Selatan. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

-, C. A. R. S., Faliza Nur Aini, & Dandi Dwi Prakoso. (2022). - ANALISIS PERBEDAAN ORNAMENTASI BANGUNAN PADA MASJID CHENG HOO SURABAYA DAN PURBALINGGA BERDASARKAN AKULTURASI BUDAYA ASINGPERBEDAAN ORNAMENTASI BANGUNAN PADA MASJID CHENG HOO SURABAYA DAN PURBALINGGA BERDASARKAN AKULTURASI BUDAYA ASING: -. MOZAIK Buletin Perancangan Arsitektur, 1(1). Retrieved from https://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/mozaik/article/view/1482

Issue

Section

Articles