Perancangan Sanggar Anak Alam Community Center Yogyakarta dengan Pendekatan Community Based Design

Authors

  • Satrio Agung Nur Rizqillah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Arfiani Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Kusnul Prianto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Keywords:

Community center, Sanggar Anak Alam, Community Based Design

Abstract

Sanggar Anak Alam Yogyakarta atau SALAM adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengembangkan metode alternatif. Terletak di di Kampung Nitiprayan, Kelurahan Ngestiharjo, Bantul – Yogyakarta SALAM adalah sebuah komunitas belajar alternatif yang merumuskan sendiri alam pendidikan mereka dengan melibatkan orang tua, fasilitator, masyarakat dan siswa sebagai subjek pembelajarannya. Perancangan Community center ini bertujuan untuk membuat sebuah fasilitas pendidikan dan komunitas berbasis pedagogi alternatif yang mampu memberdayakan anak didik, orang tua, fasilitator dan masyarakat menjadi berdaulat secara kultural, sosial dan ekonomi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah Community based design dipilih karena cocok dengan potesi karakter komunitas yang kuat sehingga mampu mengakomodir keperluan dan kebutuhan dalam desain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrams, C. (1971). The Language of Cities; a Glossary of Terms. New York: Viking Press.

Alam, S. A. (2021, October 27). Sanggar Anak Alam. Retrieved from Sanggar Anak Alam: https://www.salamyogyakarta.com/profil/

Al-Buthi, D. S. (2015). The Great Episodes of Muhammad Saw. Jakarta: Penerbit Noura Books.

BANPAUFPNF. (2021, October 30). https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/. Retrieved from https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf

Dewantara, K. H. (2011). Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.

Farhana Yasmin, D. G. (2008). Community centers for Community Development: Dr. Gulsan Ara Parvin. Jahangirnagar Planning Review.

Jenkins, P. (2009). Architecture, Participation & Society. New York: Routledge.

Kemendikbud. (2021, October 30). http://pd.data.kemdikbud.go.id. Retrieved from http://pd.data.kemdikbud.go.id: http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/site/sekolah?npsn=P9908269

Muhamad Gauzal, S. M. (2020). Community architecture: Partisipasi dalam Perancangan Permukiman. Jurnal Ilmiah POSTULATE Volume IX, No.2A Edisi Agustus.

OECD. (2019, December 3). OECG Website. Retrieved from OECG Website: https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf

Pusparisa, Y. (2021, October 23). Databoks Website. Retrieved from Databoks Website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/31/bps-sarjana-yang-menganggur-hampir-1-juta-orang-pada-februari-2021

Rahardjo, T. (2018). Sekolah Biasa Saja. Yogyakarta: INSISTPress.

Reimer, E. (1973). School is Dead:An Essay on Alternatives in Education. Penguin Books.

Sanoff, H. (2000). Community Participation Methods in Design and Planning. North Carolina State: North Carolina State University.

The Regional Enviromental Centre for Central and Eastern Europe. (1996). Awakening Participation: Building Capacity for Public Participation in Environmental Decisionmaking. Szentendre: THE REGIONAL ENVIRONMENTAL CENTER.

Towers, G. (1995). Building Democracy:Community architecture In the Inner City. London: UCL Press Limited.

Williamson, K. (2006). THE MOBILE COMMUNITY CENTER: A SOCIALLY RESTORATIVE SOLUTION FOR FEDERAL EMERGENCY MANAGEMENT AGENCY DISASTER TRAILER PARKS IN THE AMERICAN SOUTH. Electronic Theses, Treatises and Dissertations.

Downloads

Published

2022-10-11

How to Cite

Rizqillah, S. A. N. ., Syariah, A. ., & Prianto, K. (2022). Perancangan Sanggar Anak Alam Community Center Yogyakarta dengan Pendekatan Community Based Design. MOZAIK Buletin Perancangan Arsitektur, 1(2), 45–57. Retrieved from https://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/mozaik/article/view/1602