Perancangan Sanggar Anak Alam Community Center Yogyakarta dengan Pendekatan Community Based Design
Keywords:
Community center, Sanggar Anak Alam, Community Based DesignAbstract
Sanggar Anak Alam Yogyakarta atau SALAM adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengembangkan metode alternatif. Terletak di di Kampung Nitiprayan, Kelurahan Ngestiharjo, Bantul – Yogyakarta SALAM adalah sebuah komunitas belajar alternatif yang merumuskan sendiri alam pendidikan mereka dengan melibatkan orang tua, fasilitator, masyarakat dan siswa sebagai subjek pembelajarannya. Perancangan Community center ini bertujuan untuk membuat sebuah fasilitas pendidikan dan komunitas berbasis pedagogi alternatif yang mampu memberdayakan anak didik, orang tua, fasilitator dan masyarakat menjadi berdaulat secara kultural, sosial dan ekonomi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah Community based design dipilih karena cocok dengan potesi karakter komunitas yang kuat sehingga mampu mengakomodir keperluan dan kebutuhan dalam desain.
Downloads
References
Abrams, C. (1971). The Language of Cities; a Glossary of Terms. New York: Viking Press.
Alam, S. A. (2021, October 27). Sanggar Anak Alam. Retrieved from Sanggar Anak Alam: https://www.salamyogyakarta.com/profil/
Al-Buthi, D. S. (2015). The Great Episodes of Muhammad Saw. Jakarta: Penerbit Noura Books.
BANPAUFPNF. (2021, October 30). https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/. Retrieved from https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf
Dewantara, K. H. (2011). Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
Farhana Yasmin, D. G. (2008). Community centers for Community Development: Dr. Gulsan Ara Parvin. Jahangirnagar Planning Review.
Jenkins, P. (2009). Architecture, Participation & Society. New York: Routledge.
Kemendikbud. (2021, October 30). http://pd.data.kemdikbud.go.id. Retrieved from http://pd.data.kemdikbud.go.id: http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/site/sekolah?npsn=P9908269
Muhamad Gauzal, S. M. (2020). Community architecture: Partisipasi dalam Perancangan Permukiman. Jurnal Ilmiah POSTULATE Volume IX, No.2A Edisi Agustus.
OECD. (2019, December 3). OECG Website. Retrieved from OECG Website: https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf
Pusparisa, Y. (2021, October 23). Databoks Website. Retrieved from Databoks Website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/31/bps-sarjana-yang-menganggur-hampir-1-juta-orang-pada-februari-2021
Rahardjo, T. (2018). Sekolah Biasa Saja. Yogyakarta: INSISTPress.
Reimer, E. (1973). School is Dead:An Essay on Alternatives in Education. Penguin Books.
Sanoff, H. (2000). Community Participation Methods in Design and Planning. North Carolina State: North Carolina State University.
The Regional Enviromental Centre for Central and Eastern Europe. (1996). Awakening Participation: Building Capacity for Public Participation in Environmental Decisionmaking. Szentendre: THE REGIONAL ENVIRONMENTAL CENTER.
Towers, G. (1995). Building Democracy:Community architecture In the Inner City. London: UCL Press Limited.
Williamson, K. (2006). THE MOBILE COMMUNITY CENTER: A SOCIALLY RESTORATIVE SOLUTION FOR FEDERAL EMERGENCY MANAGEMENT AGENCY DISASTER TRAILER PARKS IN THE AMERICAN SOUTH. Electronic Theses, Treatises and Dissertations.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Satrio Agung Nur Rizqillah, Arfiani Syariah, Kusnul Prianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.