Prediksi Anggaran Belanja Keuangan Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing (Study Kasus Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur)

Authors

  • siti nurlela UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Yuniar Farida
  • Putroue Keumala Intan

Keywords:

Prediksi, Anggaran, Single Exponential Smoothing

Abstract

Rendahnya serapan anggaran menjadi persoalan rutin dan krusial pada perencanaan anggaran di setiap tahun, sehingga perlu upaya antisipasi melalui prediksi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan prediksi serapan anggaran berikutnya dapat secara efektif terserap di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur. Menggunakan metode Single Exponential Smoothing, hasil prediksi menghasilkan nilai MAPE sebesar 18,315% pada bobot nilai alpha 0,4. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur dalam mengantisipasi munculnya permasalahan yang disebabkan oleh anggaran belanja di masa depan.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

siti nurlela, Yuniar Farida, & Putroue Keumala Intan. (2022). Prediksi Anggaran Belanja Keuangan Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing (Study Kasus Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur). Jurnal Algebra, 3(02), 169–174. Retrieved from https://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/mhs/index.php/algebra/article/view/193