Analisis Metode Peramalan Pasokan Bahan Baku Produk PT AUX dengan Membandingkaan Double Exponential Smoothing (DES), Regresi Time Series, dan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA)

Authors

  • Fahriza Novianti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Noviati Maharani Sunariadi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Elok Indana Zulfa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dhandy Ahmad Ferryan
  • Hani Khaulasari

Keywords:

ARIMA, Bahan Baku, Double Eksponensial Smoothing, Prediksi, MAPE, Regresi Time Series

Abstract

Peramalan pasokan bahan baku perlu dilakukan untuk mengantisipasi kukurangan atau kelebihan bahan dalam melakukan produksi yang dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Tujuan penelian ini untuk menentukan metode paling akurat dalam melakukan peramalan pada pasokan bahan baku dengan membandingkan tiga metode yaitu double exponential smoothing, regresi linier dan ARIMA. Hasil peramalan yang paling baik ialah dengan menggunakan metode regresi linier. Metode ini digunakan  dalam mengidentifikasi hubungan antar satu variabel respons dan satu variabel prediktor. Persamaan regresi yang terbentuk adalah  dengan MAPE yang didapatan yaitu sebesar 12.4% yang menunjukkan bahwa model yang didapatkan baik dalam melakukan peramalan. Hasil prediksi menunjukkan trend naik dalam melakukan prediksi pasokan bahan baku.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Novianti, F., Sunariadi, N. M., Zulfa, E. I., Ferryan, D. A., & Khaulasari, H. (2022). Analisis Metode Peramalan Pasokan Bahan Baku Produk PT AUX dengan Membandingkaan Double Exponential Smoothing (DES), Regresi Time Series, dan Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Jurnal Algebra, 3(02), 143–155. Retrieved from https://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/mhs/index.php/algebra/article/view/179

Most read articles by the same author(s)