Potensi Degradasi Minyak Solar oleh Bakteri Hidrokarbonoklastik di Perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Authors

  • Ika Nurjanah Marine Science Department UIN Sunan Ampel
  • Mauludiyah Marine Science Department UIN Sunan Ampel
  • Misbakhul Munir Marine Science Department UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.29080/mrcm.v1i1.881

Keywords:

biodegradasi, minyak solar, bakteri hidrokarbonoklastik, Pelabuhan Tanjung Perak

Abstract

Tingginya kepadatan trafik di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dapat menimbulkan masalah baru yaitu peningkatan kapasitas pengisian minyak solar pada kapal sehingga mengakibatkan volume buangan yang mengandung minyak (oily waste) cenderung meningkat. Alternatif penanggulangan secara tepat dan tidak menganggu lingkungan yaitu dengan cara menggunakan bakteri yang mampu mendegradasi minyak solar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bakteri yang berpotensi mendegradasi minyak solar di pelabuhan Tanjung Perak dan dapat mengetahui kemampuan isolat bakteri tersebut dalam mendegradasi minyak solar. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada pengambilan sampel air laut dan menggunakan metode observasi di laboratorium untuk isolasi bakteri pendegradasi minyak, karakterisasi pengamatan bakteri, dan uji biodegradasi minyak solar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perairan pelabuhan Tanjung Perak diperoleh tujuh isolat bakteri pendegradasi minyak solar. Lima isolat terdapat pada Stasiun 1, area dimana potensi pencemaran minyak solar lebih tinggi, yaitu genus Pseudomonas, Bacillus, Klebsiella, Enterobacter, dan Citrobacter. Dua isolat lainnya yaitu genus Bacillus dan Klebsiella diperoleh dari Stasiun 2. Hasil identifikasi bakteri yang mampu mendegradasi minyak solar secara signifikan adalah konsorsium (isolat campuran pada genus Pseudomonas, Bacillus, Klebsiella, Enterobacter dan Citrobacter) dengan persentase biodegradasi sebesar 94,57%. Pada isolat tunggal, pada Stasiun 1 yang  memiliki persentase biodegradasi tertinggi adalah genus Pseudomonas dan Bacillus dengan persentase biodegradasi masing – masing sebesar 91,94 % dan 89,99%. Pada Stasiun 2, bakteri pendegradasi yang memiliki persentase tertinggi adalah genus Bacillus dengan persentase 88,61 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

, Fika.2014. Biodegradasi Total Petroleum Hydrocarbon (TPH) dengan Bakteri Penghasil Biosurfaktan Asal Air Laut dan Sedimen Pantai Karangsong Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Skripsi. Universitas Padjadjaran Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Program Studi Ilmu Kelautan Jatinangor.
Anonim E. 2004. SNI 06-6989.10-2004 : Cara Uji Minyak dan Lemak. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta. Halaman: 2.
APHA. 1981. Standart and Methoda.7th Edition. California:Cumming Publishing Company Inc.
Astuti, Dwi.2012.Pengaruh Variasi Jumlah Inokulum Konsorsium Bakteri Terhadap degradasi Hidrokarbon Minyak Bumi. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Program Studi Biologi. Universitas Indonesia.Depok.
Feliatra. 2001. Buku Ajar Mikrobiologi Laut. Pusat Penelitian Kawasan Pantai dan Perairan. Universitas Riau. Pekanbaru.
Greenberg, E. A., Clescert, S. L., and Eaton, D. A. 1992. Examination of Water and Wastewater. Standard Methods 18th Edition. 412-418.Washington : American Public Health Association.
Hajar,Dachniar.2012. Isolasi, Identifikasi dan Analisis Kemampuan Degradasi Hidrokarbon Bakteri Tanah Sampel B, Cilegon, Banten. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Departemen Biologi.Universitas Indonesia. Depok.
Harayama,S.,H.Kishira.,Y.Kasai&K.Shutsubo.1999. Petroleum Biodegradation In Marine Environments.Marine Biotechnology Institute l (1) :63-70.
Herdiyantoro, D. 2005. Biodegradasi Hidrokarbon Minyak Bumi oleh Bacillus sp. Galur ICBB 7859 dan ICBB 7865 dari Ekosistem Air Hitam Kalimantan Tengah dengan Penambahan Surfaktan.Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Ismail, Hadija Enryani, Nursia La Nafie, dan Seniwati Dali. 2015. Isolasi Bakteri Pendegradasi Senyawa Piren dari Perairan Pelabuhan Paotere. Jurnal Techno Vol.04 No.02 .Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Hasanuddin. Makassar.
Jadhav, S.U., Jadhav,U.U.,Dawkar,V.V., dan Govindwar, S.P. 2008. Biodegradation of Disperse Dye Brown 3REL by Microbial Consortium of Galactomyces geotrichum TCC 1360 and Bacillus sp. VUS. Biotechnology and Bioprocess Engineering. Vol 13. pp 232-239.
Leahy, J.G. dan R.R Colwell.1990.Microbial Degradation of Hydrocarbons in the Environments : Microbiological Reviews 54 (3),305-315
Mangkoedihardjo S. 2005. Seleksi Teknologi Pemulihan untuk Ekosistem Laut Tercemar Minyak. Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan ITS, Surabaya. p. 1-9.
Nababan, B. 2008. Isolasi dan Uji Potensi Bakteri Pendegradasi Minyak Solar dari Laut Belawan. Tesis. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Nugroho, A1. 2006. Bioremediasi Hidrokarbon Minyak Bumi. Penerbit Graha Ilmu dan FTI Universitas Trisakti. Jakarta Barat. 159 hlm
Nugroho, Astri. 2007. Dinamika Populasi Konsorsium Bakteri Hidrokarbonoklastik : Studi Kasus Biodegradasi Hidrokarbon Minyak Bumi Skala Laboraturium.Jurnal Ilmu Dasar.Vol.8 No.1,2007:13-23.
R.E.Bunchanan dan N.E. Gibbons. 1974. Bergey’s Manual of Determinative Bacteriology Eight Edition.
Ristiati, Ni Putu. 2013. Uji Kemampuan isolat Bakteri Pendegradasi Minyak Solar Terhadap Limbah Oli dari Perairan Pelabuhan Celukan Bawang. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Undiksha Singaraja. Bali.
Siregar, Sri Rahmawaty .2009. Isolasi dan Uji Potensi Khamir Pendegradasi Minyak Solar dari Air Laut Belawan. Tesis. Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.Medan.
Tarigan, Joko Gitoyo.2010. Biodegradasi Limbah Minyak Berat Menggunakan Isolat Tunggal Dan Campuran Dengan Tambahan Alkilbenzena Sulfonat Linear. Skripsi. Departemen Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Udiharto, M. 1996. Bioremediasi Minyak Bumi. Prosiding Pelatihan dan Lokakarya. Peranan Bioremediasi dalam Pengelolaan Lingkungan. Cibinong 24-28 Juni 1996. LIPI-BPPT-HSF.
Zhu, X., A. D. Venosa., M. T. Suidan dan K. Lee. 2001. Guidelines for Bioremediation of Marine Shorelines and Freshwater Wetlands. Cincinnati, OH 45268.

Downloads

Published

2020-04-10

How to Cite

Ika Nurjanah, Mauludiyah, & Misbakhul Munir. (2020). Potensi Degradasi Minyak Solar oleh Bakteri Hidrokarbonoklastik di Perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Journal of Marine Resources and Coastal Management, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.29080/mrcm.v1i1.881

Issue

Section

Articles