KAJIAN MITIGASI BENCANA ALAM MELALUI PENDEKATAN ALQURAN DAN SAINS TEKNOLOGI (STUDI KASUS PESISIR UTARA JAWA KABUPATEN DEMAK)

Authors

  • Noverma Noverma

Abstract

Terganggunya keseimbangan alam merupakan akibat dari kerusakan lingkungan sehingga menyebabkan bencana. Efek dari kejadian bencana alam adalah jatuhnya korban jiwa dan kerugian harta benda, sehingga berpengaruh pada sosial ekonomi masyarakat. Salah satu bencana yang sering terjadi di pantai utara jawa khususnya kabupaten demak adalah banjir rob kala air laut pasang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti  alih fungsi lahan yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar, berkurangnya kawasan hutan mangrove, dan kawasan pemukiman berada di wilayah bertopografi rendah dll.  Untuk itu dalam upaya memberikan perlindungan mengurangi resiko bencana perlu suatu tindakan mitigasi. Dalam penelitian ini mitigasi  dilakukan berdasarkan konsep alquran dan sains teknologi, dengan studi kasus wilayah pantai utara jawa Kabupaten Demak. Penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif, dengan tahap awal observasi lapangan dan  kemudian analisis berdasarkan studi literatur. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan  bahwa terjadinya bencana alam berupa banjir rob adalah akibat perilaku masyarakat setempat yang tidak peduli lingkungan dan diperlukan mitigasi untuk mengurangi resiko. Hal ini membuktikan kebenaran alquran tentang terjadinya bencana dan mitigasi merupakan upaya mengurangi resiko bencana dan merupakan perintah allah Swt,  yang terdapat dalam alquran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-06

How to Cite

Noverma, N. (2017). KAJIAN MITIGASI BENCANA ALAM MELALUI PENDEKATAN ALQURAN DAN SAINS TEKNOLOGI (STUDI KASUS PESISIR UTARA JAWA KABUPATEN DEMAK). Marine Journal, 2(1), 39–47. Retrieved from https://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/marine/article/view/185

Issue

Section

Articles