DETEKSI FRAGMEN DNA RENDAH PENGKODE GEN SITOKROM B (cyt b) BABI PADA SAMPEL MIE INSTAN MENGGUNAKAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR)

  • Winarsih Winarsih Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Surabaya
  • Khoirun Nihayati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Romyun Alvi Khhoiriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Mie instan, DNA cytb babi, PCR

Abstract

Mie instan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masayarakat Indonesia, selain cara penyajiannya yang cepat dan harganya terjangkau, rasa dari mie instan juga tidak kalah dengan makanan lainnya. Baru-baru ini sedang marak produk mie instan yang di impor dari Korea dan saat ini sedang digandrungi para remaja di Indonesia. Produk tersebut diduga mengandung babi, dugaan tersebut kemudian ditindak lanjuti oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan selaku instansi yang berwenang untuk melakukan pengawasan terhadap obat dan makananĀ  dan juga melakukan pengujian terhadap produk obat, makanan, maupun kosmetik yang diduga mengandung bahan berbahaya atau mengandung babi yang tidak umum dikonsumsi di Indonesia karena mayoritas penduduknya yang muslim. Proses pengujian sampel tersebut dilakukan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang spesifik terhadap DNA suatu organisme. Berdasarkan penelitian yang telah dilakuakan didapatkan hasil dari 18 sampel mie instan, diketahui sampel dengan nomor 16 positif mengandung DNA cytb babi. Hal tersebut diketahui dari munculnya pita DNA pada daerah 149 bp.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-12
How to Cite
Winarsih, W., Nihayati, K., & Khhoiriyah, R. (2018). DETEKSI FRAGMEN DNA RENDAH PENGKODE GEN SITOKROM B (cyt b) BABI PADA SAMPEL MIE INSTAN MENGGUNAKAN METODE POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR). Biotropic : The Journal of Tropical Biology, 1(1), 17-22. Retrieved from http://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/biotropic/article/view/235