Policies

Scope

BIOTROPIC  The Journal of Tropical Biology menerbitkan artikel tentang biologi dari hasil studi lapangan dan studi literatur. Jurnal ini memiliki scope  bidang keilmuan biologi tropis yang terkait dengan:

Ekologi
Zoologi
Botani
Mikrobiologi
Biologi molekuler
Biospeleologi 
Konservasi dan bidang kajian biologi lainya 

 

Peer Review Procces

Makalah yang diajukan ditinjau secara independen oleh peer reviewer dengan menggunakan metode peer review. Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan atas laporan / rekomendasi dari Peer Reviewer. Jika reviewer menganggap naskah tidak sesuai untuk dipublikasikan dalam jurnal ini, pemberitahuan yang menjelaskan keputusan tersebut akan dikirim ke penulis dalam waktu paling lama satu bulan setelah tanggal penyerahan.

 

Publication Frequency

Jurnal akan diterbitkan dua kali dalam satu tahun (1 volume, 2 nomor) pada bulan Agustus dan Desember.


Open Access Policy

BIOTROPIC menyediakan akses langsung ke konten secara terbuka. BIOTROPIC tidak akan mengenakan biaya berlangganan atau biaya akses. Pengguna memiliki hak untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap semua artikel di BIOTROPIC tanpa maksud komersial apapun.


Publication Ethic

Perlu disepakati standar etika  untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, reviewer,  dan penerbit.

 

Fair Play

Editor dalam mengevaluasi konten makalah tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, kepercayaan/agama, asal etnis, dan kewarganegaraan.

 

Confidentiality

Editor tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang makalah yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, reviewer, dan penerbit.

 

Disclosure and Conflict of Interest

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Acknowledgement of Sources

Reviewer harus mengidentifikasi karya publikasi yang relevan yang belum pernah dikutip oleh penulis. Setiap kutipan  harus disertai dengan sumber kutipan yang relevan. Reviewer juga harus meminta perhatian editor atas kesamaan substansi atau tumpang tindih makalah yang sedang direview dan makalah yang telah dipublikasikan lainnya.

 

Data Access and Retention

Jika perlu penulis diminta memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, dan harus siap memberikan akses publik terhadap data tersebut (sesuai dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Database). Disamping itu, harus menyimpan data tersebut dalam waktu yang wajar setelah publikasi.

 

Plagiarism Policy

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli sepenuhnya, dan jika penulis mengutip/menggunakan karya  orang lain harus dikutip dan diberikan sumber dengan benar.


Multiple, Redundant or Concurrent Publication

Seorang penulis seharusnya tidak menerbitkan makalah yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan makalah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.