Analisis Sifat Fisis Penyerapan Air Pada Paving Block Dengan Campuran Variasi Limbah Abu Ketel dan Limbah Botol Plastik

  • Yusrianti Yusrianti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Noverma Noverma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Oktavi Elok Hapsari UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Abu ketel dan ampas tebu memiliki perbedaan dalam stuktur fisiknya, oleh karena itu pengelolaan dan pemanfaatannya juga terbatas. Pada Pabrik Gula Kremboong kapasitas penggilingannya adalah 2700 ton/hari. Produksi gula yang cukup tinggi juga berdampak pada limbah pabrik yang dihasilkan. Limbah abu yang dihasilkan setiap harinya tidak kurang dari 115 kwintal. Plastik merupakan limbah yang akan terus menjadi permasalahan lingkungan apabila tidak tertangani secara baik. Paving block sering digunakan untuk jalan dengan perkerasan kelas ringan, trotoar, taman, dan penutup permukaan yang fungsinya masih mampu menyerap air di permukaan. Paving block banyak digunakan karena kemudahan dalam pemasangan dan perawatannya. Salah satu alternatif penanganan limbah padat yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan abu ketel menjadi campuran paving blok, dengan variasi menggunakan penambahan limbah plastik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Pengaruh penambahan limbah abu ketel dan limbah plastik terhadap kemampuan penyerapan air pada paving block cukup berpengaruh. Dan pada penyerapan air paving block menunjukkan variasi campuran 5% dan 7% dengan hasil dibawah 2%, ini memenuhi persyaratan mutu paving block sesuai SNI 03-0691, 1996.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibroto, F., 2014. Pengaruh Penambahan Berbagai Jenis Serat Pada Kuat Tekan Paving Block. Jurnal Rekayasa Sipil.

Angelina, dll .2015. Pemanfaatan Abu Ampas Tebu Untuk Mengurangi Pemakaian Semen Pada Pembuatan Batako. Jurnal Permukiman Vol. 12 No. 1 Mei 2017 : 20-24

FX Didik Harijanto, dll. 2014. Penambahan Abu Ampas Tebu (AAT) dan Limbah Boma Bisma Indra (BBI) untuk Pembuatan Paving Block. Jurnal APLIKASI.

Firman Suhanda. 2017. Pemanfaatan Slag Nikel dan Abu Sekam Padi Sebagai Bahan Pembuatan Paving Block. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Halu Oleo. Kendari.

Indah Handayasari, Gita Puspa Artiani . 2019. Perbandingan Kuat Tekan Paving Block Ramah Lingkungan Berbasis Limbah Botol Plastik Kemasan Air Mineral Dengan Limbah Cangkang Kerang dan Limbah Botol Kaca Sebagai Bahan Substitusi Terhadap Semen. Construction and Material Journal.

Phillip, Gerry,Rompas. J.D. Pangouw, R. Pandaleke, J.B. Mangare. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Abu Ampas Tebu Sebagai Substitusi Parsial Semen Dalam Campuran Beton Ditinjau Terhadap Kuat Tarik Lentur Dan Modulus Elastisitas. Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.2, Januari 2013 (82-89).

Perdana, G.R., 2012. Pengaruh Penambahan Berbagai Jenis Serat Pada Kuat Tekan Paving Block. Jurnal Rekayasa Sipil.SNI 03-0691-1996, Bata Beton (Paving Block), Badan Standard Nasional.

Triastuti. Nugroho ,Ananto. Rahman ,Arif, Saleh. 2017. Pemanfaatan Abu Ampas Tebu Dalam Pembuatan Beton Busa Ringan. Jurnal Permukiman Vol. 12 No. 1 Mei 2017 : 20-24

Yusuf Amran, 2015. Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Bahan Tambahan Pembuatan Paving Block Sebagai Alternatif Perkerasan Pada Lahan Parkir Di Universitas Muhammadiyah Metro. TAPAK Vol.4 No.2.

Wibowo, F.X.N, dan Hatmoko. 2001.Pemanfaatan Abu Ampas Tebu sebagai Bahan Tambah Beton Mutu Tinggi. Laporan Penelitian DCRG, Dirgen Dikti 2001

Published
2019-12-18
How to Cite
YusriantiY., NovermaN., & HapsariO. E. (2019). Analisis Sifat Fisis Penyerapan Air Pada Paving Block Dengan Campuran Variasi Limbah Abu Ketel dan Limbah Botol Plastik. Al-Ard: Jurnal Teknik Lingkungan, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.29080/alard.v5i1.747
Section
Articles