Manajemen Proyek dalam Pembangunan Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan (Studi Pembangunan Masjid Kampus II FIP Universitas Negeri Malang)

  • Kusnul Prianto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Proses manajemen proyek konstruksi dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan dapat menjadikan kontrol untuk mewujudkan proses perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Perencanaan merupakan salah satu bagian dari manajemen konstruksi untuk menghasilkan produk rancangan yang berkelanjutan. Proses perencanaan itu sendiri memiliki bagian-bagian tersendiri yang membutuhkan beberapa tenaga ahli untuk merumuskan desain, proses yang terjadi dalam rangkaian kegiatan tersebut tentunya melibatkan banyak pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan (PBBL) memiliki turunan yaitu dokumen konstruksi Indonesia 2030. Dalam dokumen konstruksi tersebut menyatakan bahwa Indonesia harus berorientasi untuk tidak menyumbangkan kerusakan lingkungan namun harus menjadi pelopor perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan. Pembangunan Masjid kampus II Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berusaha menerapkan konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan. Perencanaan masjid tersebut berusaha untuk sehemat mungkin dalam memakai material yang dapat merusak lingkungan begitu juga  pada masa pelaksanaannya. Penggunaan material didalam proses pembangunan masjid kampus II Fakultas Ilmu Pendidikan telah memenuhi kaidah material yang berwawasan lingkungan, mulai dari penggunaan material untuk pekerjaan pengecoran, rangka atap, kusen dan daun pintu, material finishing, infrastruktur penunjang dan pekerjaan sanitasi. Manajemen proyek konstruksi didalam proses perencanaan yang berwawasan lingkungan (berkelanjutan) sangat penting diterapkan terutama untuk menganalisa secara ekonomis terhadap material yang akan digunakan secara jangka panjang terhadap keberlangsungan lingkungan di sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kusnul Prianto, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Program Studi Arsitektur
Published
2016-09-01
How to Cite
Prianto, K. (2016). Manajemen Proyek dalam Pembangunan Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan (Studi Pembangunan Masjid Kampus II FIP Universitas Negeri Malang). Al-Ard: Jurnal Teknik Lingkungan, 2(1), 6-15. Retrieved from http://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/alard/article/view/127
Section
Articles