Optimalisasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Menggunakan Moodle Di SMK Negeri 3 Buduran

Authors

  • Moch Kholil Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • M Nur Fuad
  • Shanti Ike Wardani

DOI:

https://doi.org/10.29080/systemic.v5i1.428

Keywords:

USBK, CBT, PBT, ISO/IEC25020, Usability

Abstract

Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) atau disebut juga sebagai Computer Based Test (CBT) merupakan sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer dan jaringan sebagai media ujian. Dalam pelaksanaannya, USBK berbeda dengan sistem ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Hal ini, dapat dilihat dari yang semula berorientasi pada kertas menjadi tanpa kertas. Penyelenggaraan USBK di SMK Negeri 3 Buduran mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Metode pengukuran berdasarkan faktor kemudahan penggunaan aplikasi (Usability) pada Model Kualitas Produk ISO/IEC 25010. Dari seluruh kuisioner yang dibagikan kepada siswa dengan diambil presentase terbesar dalam hal Appropriateness recognizability menyatakan setuju dengan persentasi 79.3%, Learnability menyatakan setuju dengan persentase 71.9%, Operability menyatakan sangat setuju dengan persentase 71.9%, User error protection menyatakan setuju dengan persentase 72.2%,  User interface aesthetics menyatakan setuju dengan persentase 72.6%, Accessibiltiy menyatakan setuju dengan persentase 43.3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-01

How to Cite

Kholil, M., Fuad, M. N., & Wardani, S. I. (2019). Optimalisasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Menggunakan Moodle Di SMK Negeri 3 Buduran. Systemic: Information System and Informatics Journal, 5(1), 13–17. https://doi.org/10.29080/systemic.v5i1.428

Issue

Section

Articles