Implementasi Arsitektur MVC Pada Aplikasi Asrama Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Manajemen Data Asrama

  • Annisa Ulfa Universitas Trunojoyo Madura
  • Firdaus Solihin Universitas Trunojoyo Madura
  • Ach. Khozaimi Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Aplikasi Web, Manajemen data asrama, MVC

Abstract

Proses manajemen data di asrama mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan proses manajemen data yang ada di asrama mahasiswa belum berjalan dengan efisien. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis web. Aplikasi tersebut dibangun dengan implementasi Arsitektur MVC (Model-View-Controller). MVC merupakan metode dalam membangun aplikasi dengan memisahkan bagian data (Model), tampilan (View), dan proses (Controller) atau penghubung dari model dan view. Berdasarkan hasil implementasi MVC pada aplikasi asrama, diperoleh kemudahan dalam melakukan perbaikan, pengembangan serta perawatan pada aplikasi. Seperti pada saat melakukan perubahan pada program aplikasi, cukup bekerja pada bagian yang dibutuhkan tanpa harus merubah keseluruhan bagian dalam program. Sementara itu, uji coba aplikasi manajemen data asrama dari aspek fungsionalitas terhadap pengurus asrama memperoleh hasil bahwa aplikasi manajemen data asrama sesuai dengan kebutuhan user pengurus asrama. Hal ini berdasarkan perhitungan kesesuaian pada aplikasi asrama sebesar 99,25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corporate Web Developer.2010.MVC (Mode View Controller).

Supono dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Pratama, A.N.W. 2010. Codeigniter:Cara Mudah Membangun Aplikasi PHP. Jakarta: Media Kita.

Jauhari K, Hidayatullah P. 2014. Pemrograman Web. Bandung : Informatika.

Hidayat, A. dan Bayu Surarso. 2012. Penerapan Arsitektur Model View Controller (MVC) dalam Rancang Bangun Sistem Kuis Online Adaptif. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012). Yogyakarta: 10 Maret 2012.

Daqiqil, Ibnu. 2011. Framework Codeigniter : Sebuah Panduan dan Best Practice. Pekanbaru.

Seputar Pengetahuan. 2016. 10 Pengetahuan Aplikasi Menurut Para Ahli Lengkap.http://www.spengetahuan.com/2016/06/10-pengertian-aplikasi-menurut-para-ahli-

Burbeck S. (1992). “Application Programming in Smalltalk-80 ™ : How to Use Model View Controller (MVC)”.

Jauhari K, Hidayatullah P. (2014). Pemrograman Web. Bandung : Informatika.

Malas Ngoding. 2016. Pengertian dan Cara Menggunakan Codeigniter.www.malasngoding.com/pengertian-dan-cara-menggunakan-codeigniter. 5 Oktober 2016..

Wikipedia.2016.Asrama.https://id.wikipedia.org/wiki/Asrama Oktober 2016..5

Hidayat, A. dan Bayu Surarso. 2012. Penerapan Arsitektur Model View Controller (MVC) dalam Rancang Bangun Sistem Kuis Online Adaptif. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2012 (SENTIKA 2012). Yogyakarta: 10 Maret 2012.

Prabowo, D. 2015. Website e-commerce menggunkaan model view controller (mvc) dengan framework codeigniter:Yogyakarta.

Hidayat, A. 2012. Penerapan Arsitektur Model View Controller (MVC) dalam Perancangan Ekstensi Sebuah Content Management System: Semarang.

Panorangi Harianja, J. 2013. SIstem ujian adaptif untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi berbasis web melalui penerapan teknik mvc dengan menggunakan php framework codeigniter.

Andryan Daya, V. purchase requestion berbasis web menggunakan metode model view controller dengan framework codeigniter.

Published
2017-12-04
How to Cite
Ulfa, A., Solihin, F., & Khozaimi, A. (2017). Implementasi Arsitektur MVC Pada Aplikasi Asrama Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Manajemen Data Asrama. Systemic: Information System and Informatics Journal, 3(2), 13-18. https://doi.org/10.29080/systemic.v3i2.241
Section
Articles