IMPLEMENTASI PENGENALAN POLA UNTUK MENGEVALUASI HASIL PEMBELAJARAN DENGAN METODE FUZZY C-MEANS

  • Ilham Ilham Program Studi Sistem Informasi, Jurusan Teknologi, Fakultas Saintek, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap sistem pembelajaran. Data diperoleh melalui kuesioner terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya  semester 4 dengan menggunakan 7 variabel. Dengan tujuan untuk mendapatkan hasil pengelompokan yang terbaik. Kemudian data diproses dengan menggunakan metode Fuzzy C–Means. Adapun hasil sistem menunjukan ada 3 kelompok yang mendapatkan hasil yang optimal dengan dukungan perolehan nilai minimum dari fungsi yang ditunjukkan oleh indeks 0,14965 xb dan tingkat akurasi dari sistem evaluasi adalah 79%.
Published
2017-08-09
How to Cite
ILHAM, Ilham. IMPLEMENTASI PENGENALAN POLA UNTUK MENGEVALUASI HASIL PEMBELAJARAN DENGAN METODE FUZZY C-MEANS. Systemic: Information System and Informatics Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 23-28, aug. 2017. ISSN 2548-6551. Available at: <http://jurnalsaintek.uinsby.ac.id/index.php/SYSTEMIC/article/view/111>. Date accessed: 17 oct. 2017.
Section
Articles