Implementasi Pengenalan Pola Untuk Mengevaluasi Hasil Pembelajaran Dengan Metode Fuzzy C-means

  • Ilham Ilham UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Evaluasi, Pembelajaran, Fuzzy C- Means, Pengenalan Pola

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap sistem pembelajaran. Data diperoleh melalui kuesioner terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya  semester 4 dengan menggunakan 7 variabel. Dengan tujuan untuk mendapatkan hasil pengelompokan yang terbaik. Kemudian data diproses dengan menggunakan metode Fuzzy C–Means. Adapun hasil sistem menunjukan ada 3 kelompok yang mendapatkan hasil yang optimal dengan dukungan perolehan nilai minimum dari fungsi yang ditunjukkan oleh indeks 0,14965 xb dan tingkat akurasi dari sistem evaluasi adalah 79%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-01
How to Cite
Ilham, I. (2016). Implementasi Pengenalan Pola Untuk Mengevaluasi Hasil Pembelajaran Dengan Metode Fuzzy C-means. Systemic: Information System and Informatics Journal, 2(2), 23-28. https://doi.org/10.29080/systemic.v2i2.111
Section
Articles