Dimensi Persepsi Penggunaan Mesin Parkir Elektronik
DOI:
https://doi.org/10.29080/eija.v5i1.542Keywords:
dimensi persepsi, mesin parkir elektronik, parkir, persepsiAbstract
Parkir di bahu jalan merupakan cara parkir yang praktis dan dilakukan hampir di semua kota. Tetapi, cara tersebut dapat menimbulkan ketidaktertiban, kemacetan, pungutan liar, dan permasalahan lainnya. Sebagian pemerintah daerah mulai memperkenalkan penggunaan mesin parkir elektronik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi persepsi masyarakat terhadap penggunaan mesin parkir elektronik. Data dikumpulkan dengan survei daring dan dianalisis menggunakan analisis korespondensi, analisis faktor, dan anova. Hasil analisis menunjukkan hampir semua responden baik yang pernah dan belum pernah menggunakan mesin parkir elektronik, cenderung antusias ingin memakai mesin tersebut. Dari hasil analisis terungkap tiga dimensi persepsi penggunaan mesin parkir yaitu Keamanan dan Ketertiban, Pemanfaatan Teknologi, dan Kejelasan Tarif. Responden yang setuju pada penggunaan mesin parkir elektronik cenderung memiliki persepsi positif terhadap tiga dimensi tersebut. Responden yang tidak setuju cenderung memiliki persepsi negatif terhadap tiga dimensi tersebut.
Downloads
References
Astuti, Y. (2015). Radio Frequency Indentification (RFID) untuk Keamanan Parkir Sepeda Motor di SMK X. Respati, 10(29). doi: 10.35842/jtir.v10i29.136
Darwin, D., Kridalaksana, A. H., & Khairina, D. M. (2014). Sistem manajemen Parkir Menggunakan Teknologi Radio Frequency and Identification (Studi Kasus Fakultas MIPA Universitas Mulawarman). Jurnal SIFO Mikroskil, 15(1), 31-40–40.
Effendy, Y. (2014). Mencari Solusi Manajemen Dalam Pemenuhan Target Penerimaan Pajak Dan Retribusi Parkir Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(01). doi: 10.30596/jimb.v14i01.119
Gea, M. S. A., & Harianto, J. (2012). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan ( Studi Kasus: Pasar dan Pertokoan di Jalan Besar Delitua ). Jurnal Teknik Sipil USU, 1(2), 1–10.
Habsyah, V., Christyono, Y., & Santoso, I. (2011). Aplikasi Sistem Parkir dengan Automatisasi Pembiayaan Berbasis RFID (Radio Frequency Identification). Transmisi, 13(3), 108–113. doi: 10.12777/transmisi.13.3.108-113
Kurniadi, F., Pramitasari, D., & Wijono, D. (2012). Konsep Perilaku Teritorialitas di Kawasan Pasar Sudirman Pontianak. Vokasi, 8(3), 197–208.
Patmadjaja, H., Urbanus, J., Tjahjaputra, P., & Setiawan, R. (2003). Pengaruh Kegiatan Perparkiran di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Studi Kasus Jalan Kertajaya. Civil Engineering Dimension, 5(2), 63–74. doi: 10.9744/ced.5.2.pp. 63-74
Purwadi, J., & Istiyanto, J. E. (2005). Pemrograman Interaktif SIPP: Program Informasi Pengaturan dan Penjadwalan Parkir Berbasis Cerdas. E1–E6. Yogyakarta: Universitas Kristen Satya Wacana.
Sekneg RI. Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. , No 43 PP § (1993).
Tamin, O. Z. (1992). Pemecahan Kemacetan Lalu Lintas Kota Besar. Jurnal PWK, 4(II), 10–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, pre-print sites, or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater dissemination of published work.